Home > Festival Batik Solo, Kegiatan, Kunjungan > Belajar Dari Solo Batik Festival

Belajar Dari Solo Batik Festival

Kampoeng Batik KaumanSalah satu kegiatan POKDARWIS Kampoeng Batik Kauman Pekalongan adalah melakukan studi banding ke beberapa daerah yang mempunyai potensi hampir sama dengan POKDAWIS Kampoeng Batik Kauman Pekalongan, seperti di Solo misalnya. Belum lama ini Pokdarwis Kampoeng Batik Kauman pekalongan Melakukan kunjungan studi banding ke Solo dalam rangka untuk menyaksikan Festival Batik Solo yang digelar pada tanggal 27 Juni 2010 bulan lalu.

Seperti halnya Festival Batik Pekalongan, atau Pekan Batik Nasional dan Pekan Batik Internasional di Pekalongan, Festival Batik Solo merupakan kegiatan kemasyarakatan yang didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta dengan berbagai macam kegiatan untuk melakukan city branding terhadap potensi wisata dan ekonomi kota. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan akan terbentuk bisnis model yang berkembang sesuai dengan kebutuhannya.

Efen ini memang sangat menarik, dengan berbagai kegiatan baik yang berhubungan langsung dengan batik dan kerajinan lainya dan juga dengan kesenian lokal daerah tersebut banyak menarik wisatawan manca dan lokal. Banyaknya kunjungan wisatawan baik manca maupun lokal secara otomatis memberikan kontribusi ekonomi kepada masyarakat sekitar.

Selain terbentuknya bisnis model di masyarakat dengan berbagai bentuk dan modelnya, yang sangat menarik adalah keterlibatan peran serta masyarakat secara aktif dalam kegiatan tersebut. Dalam Carnaval Batik yang diselengarakan dalam Festival Batik Solo tersebut, masyarakat rela memberikan dukungan baik materi maupun moral pada kegiatajn tersebut. Peran serta aktif masyarakat dalam kegiatan tersebut menambah semarak dan meriahnya acara. Setiap pengusaha bati di Solo ikut memberikan dukungan dengan mengikutsertakan serang model yang telah didekorasi sedemikian rupa sehingga membentu citra baru dalam nuansa batik.

Mungkin inilah yang perlu juga dilakukan di Pekalongan pada efen – efen yang akan datang, yakni keikut sertaan aktif dari masyarakat dalam setiap kegiatan city branding yang dilakukan. Dan semoga pengusaha di Pekalongan pun mau sedikit berkorban dalam mensukseskan kegaitan – kegaitan city branding yang ada.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: